Team Work’s Game

 

1.      TENNIS BALL GAME

Bentuk kelompok 5-10 orang, disusun berdasarkan lingkaran agar besar, bola tennis dilemparkan dari satu anggota ke anggota lain. Siapa cepat itu yang menang. Kalau bola jatuh diulang lagi dari awal. Kemudian setelah selesai bola ditambah menjadi dua. Pada akhir permainan, diskusikan bagaimana amal jamai dan team work harus berjalan dan apa manfaatnya. Peralatan yang diperlukan: bola tennis. Waktu 30 menit dengan diskusi. Kompetisi.

2.      BALLOONS GAME

Setiap kelompok mendapatkan satu atau dua balon. Kemudian ditugaskan untuk melukis dengan spidol peta bumi yang menunjukkan umat Islam. Kalau bisa dengan jumlahnya, kira-kira. Semakin cepat semakin baik. Peralatan: balloon, spidol. Waktu: 30 menitan. Kompetisi

3.      HUG A TREE: Setiap orang berpasangan, lalu satu orang ditutup matanya dan dituntun ke sebuah pohon, lalu disuruh memegang pohon dan dijelaskan cirri-cirnya. Kemudian dituntun lagi ke tempat semua. Lalu pasangan lainnya dilakukan yang sama ke pohon lainnya. Setelah itu setiap orang harus menunjukkan pohon mana yang disentuhnya. Waktu 30 menit.

4.      SURVIVAL SCENARIO EXERCISE: Setiap grup akan diberikan persoalan bagaimana menghadapi keadaan darurat. Lalu mereka diminta memilih dan mengurutan barang yang diperlukan dalam keadaan durat itu. Waktu 30 menit perlu kertas dan balpoin.

5.      OTHER GAMES

 

 

GAME GROUP WALK (Dewasa)

 

Sama seperti trip pada dua perkemahan lainnya namun ada beberapa tugas yang perlu dilakukan. Kalau dibuat beberapa pos akan lebih bagus. Namun tujuan akhir dari perjalanan grup ini adalah mengumpulkan pengalaman di jalan dan mengambil sesuatu yang lebih mewakili semangat grup (misalnya daun atau ranting) lalu menjelaskan artinya.

 

POS1 Pemberangkatan: Setiap grup diberangkatkan namun tidak boleh satu orangpun berbicara, hanya melalui kode dan tugas utamanya adalah memperhatikan kebesaran Allah dalam penciptaan alam (langit, pohon, mahluk hidup dll) di pos berikutnya mereka menyusun laporan apa yang dilihatnya 

 

POS2 Setelah menyusun laporan mengenai jalan sunyi tadi, setiap kelompok diberi tugas mengumpulkan benda dari alam yang merasa mewakili kelompoknya, mereka harus diskusi di jalan dan mencari sesuatu yang merupakan semangat kelompoknya. Laporan mengenai benda yang mewakili kelompok ini dijelaskan di pos berikutnya.

 

POS3 Setelah menyusun laporan, peserta melanjutkan perjalanan dengan berbaris tegap dan rapih dipimpin ketua kelompok. Kalau perlu latihan dulu, semakin rapih dan kompak semakin bagus. Kalau nanti dalam perjalanan barisan rapi ini menyanyikan yel-yel bersemangat lebih baik lagi.

 

POS4 Sambil masuk dengan yel-yel bersemangat dan berbaris rapi, setiap grup berkumpul di tempat teduh untuk melaporkan hasil perjalanannya. Pertama, mengenai jalan sunyi, dibacakan hikmahnya . Kedua, benda yang mewakili semangat kelompok disampaikan hikmahnya kalau bisa dalam bentuk sajak

Pos ini dipublikasikan di Arsip dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Team Work’s Game

  1. infogue berkata:

    Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!http://game.infogue.com/team_works_game

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s